Sertijab Kadisdik Jabar Dewi Sartika kepada Dedi Supandi

INDOJABAR.ID | Jabatan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar) resmi diserahterimakan dari Dr. Ir. Dewi Sartika, M.Si. kepada H. Dedi Supandi, S.STP., M.Si. Acara "Serah Terima Jabatan" digelar di Aula Dewi Sartika Kantor Disdik Jabar, Jln. Dr. Radjiman No. 6, Kota Bandung, Senin (15/6/2020), dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. 

Dewi yang kini menjabat Asisten Daerah Bidang Pemerintah, Hukum, dan Kesejahteraan Sosial mengatakan, pengganti dirinya merupakan sosok yang luar biasa. Di matanya, selain masih tergolong muda, Dedi telah meraih berbagai prestasi di berbagai instansi tempatnya menjabat. "Insya Allah, di tangan beliau kita reugreug menyongsong dunia pendidikan yang dinamikanya luar biasa. Semoga Pak Dedi diberikan kekuatan dan kemudahan," tutur Ike, sapaan akrab Dewi Sartika.

Ike bercerita, menjadi Kadisdik selama 1,5 tahun telah memberi kesan yang sangat mendalam. Bagi Ike, Disdik adalah ladang pekerjaaan yang besar dan panjang sepanjang hidupnya. 

"Besar karena ada 1,8 juta objek pembangunan yang harus dipastikan mendapatkan hak pendidikan yang berkualitas, bermutu, berbudaya, dan berkarakter. Sangat panjang karena proses belajar tidak akan pernah berhenti," ungkapnya. 

Ike menyadari, untuk memajukan dinamika di dunia pendidikan membutuhkan energi yang besar. Di samping itu, harus ada komunikasi tanpa henti dan tanpa syarat antarsemua lini. 

"Komunikasi adalah napas pendidikan dan itu harus selalu terjaga. Komunikasi di Kantor Radjiman dan antar-13 Kantor Cabang Dinas Pendidikan, seluruh satuan pendidikan, dengan seluruh 1,8 juta peserta didik serta 120 ribu guru dan tenaga pendidik dengan warna yang berbeda itu harus dibangun, dikembangkan, dan dipelihara," tuturnya. 

Ike meyakini, Disdik adalah lembaga pendidikan yang dihuni oleh sumber daya manusia yang unggul. Dengan kehadiran sistem yang selalu disempurnakan oleh pemerintah, ini akan menjadi kekuatan untuk memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas dan bermutu. "Semoga, kehadiran saya bisa mewarnai kemajuan pendidikan yang berkualitas dan bermutu," harapnya.  

Figur Panutan

Sementara itu, Kadisdik Dedi Supandi mengungkapkan, Ike merupakan sosok panutan. Terlebih, mereka sempat bekerja sama dan satu jalur koordinasi ketika dirinya masih menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Bandung dan Ike menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak & Keluarga Berencana.

Kadisdik bercerita, setiap mengisi Peer Review yang menanyakan, "Siapa eselon II terbaik?" Dirinya tak sungkan memilih Ike. "Ada tiga karakter atau sifat yang bisa diteladani dari beliau. Yakni smart, profesional, dan humanis," ungkapnya.

Ditegaskan Kadisdik, dirinya akan langsung bergerak cepat untuk memajukan pendidikan di Jabar. Ia pun telah memiliki staregi untuk mencapai hal tersebut, yakni dengan membuat program pendidikan karakter berbasis agama dan budaya.

Acara Serah Terima Jabatan ini dihadiri pejabat di lingkungan Disdik Jabar, mulai dari Sekdisdik Jabar, Wahyu Mijaya, seluruh Kepala Bidang PSMA, PSMK, dan PKLK, Kepala UPTD Tikomdik, Kepala Cabang Dinas Pendidikan serta perwakilan MKKS dan MKPS SMA, SMK, dan SLB. Hadir pula mitra pendidikan, seperti Ketua Dewan Pendidikan Jabar, Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia Jabar, dan Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI).




Artikel Terkait

Comments (3)

    komentar Facebook sedang dipersiapkan